Invoice merupakan kata lain dari faktur, biasanya untuk transaksi penjualan. Kali ini saya akan membahas tentang penjualan/pengiriman barang, yang ada di Modul Penjualan di software Zahir Accounting.
Ketika melakukan penjualan, ada 2 metode yang biasa digunakan, secara tunai dan kredit dan pemberian uang muka bagi transaksi kredit. Bagaimana langkah yang dilakukan di software zahir ??
# Berikut merupakan contoh transaksi Penjualan Kredit
berikut penjelasannya:
1. checkmark ini wajib diisi sesuai dengan kebutuhan
#Invoice:sebagai pencatatan/pengakuan pendapatan/penjualan untuk di posting ke buku besar. Jika kotak ini tidak ditandai maka pencatatan piutang tidak akan dilakukan(baik tunai maupun kredit). Tanda ini diceklist baik untuk penjualan jasa/dagang. Jika transaksi untuk penjualan dagang, maka secara otomatis juga akan mengurangi stok barang
#Jasa :tanda ini diceklist jika jenis transaksi penjualan jasa, artinya bukan item yang dijual
#Tunai :tanda ini diceklist jika transaksi dilakukan secara tunai (jadi perbedaan penjualan secara tunai dan kredit terletak disini, jika tidak di ceklist berarti kredit dan jika di ceklist tentu saja tunai)
2. Jika penjualan kredit, customer bisa melakukan pembayaran uang muka dengan mengisi sejumlah uang muka
3. Jika penjualan kredit ada syaratnya, maka diisi di Term Pembayaran dengan klik mouse disampingnya.
contoh soal, jika syaratnya seperti diatas : 2% 10 Net 30
maka cara pengisiannya sbb :
artinya : jatuh tempo pembayaran pelanggan adalah 30 hari setelah transaksi. Jika pembayaran/cicilan pembayaran dilakukan sampai 10 hari setelah transaksi, maka diberikan diskon 2% sejumlah pembayaran.
tambahan:
* untuk yang bertanda segitiga merah merupakan penggantian akun sesuai dengan kebutuhan. Biasanya akun yang(dibuat jurnal otomatis) menampung sejumlah transaksi penjualan sudah disetting secara default
* untuk tanggal transaksi sangat PENTING, hal ini berguna pada saat pencarian transaksi. Biasanya untuk latihan yang dipakai adalah tahun/bulan sebelumnya, oleh karena itu periksa lagi sebelum direkam. Jika bertanda merah berarti tanggal ada kesalahan.
* Bagaimana Proses Pencatatan Pada saat kita klik Invoice ??
proses ini tergantung ketiga ceklist tersebut, contoh :
Perusahaan Dagang
=>Perusahaan dagang secara tunai
(D) Kas 2750
(K) Hutang ppn 250
(K) Penjualan 2500
(D) Biaya1 250
(K) Persediaan1 2500
=>Perusahaan dagang secara kredit
(D) Piutang 2750
(K) Hutang ppn 250
(K) Penjualan 2500
(D) Biaya1 250
(K) Persediaan1 2500
Perusahaan Jasa
=>TUNAI(D) Kas 2750
(K) Hutang ppn 250
(K) Pendapatan 2500
=> KREDIT
(D) Piutang 2750
(K) Hutang ppn 250
(K) Pendapatan 2500
2 komentar:
Ka klo perusahaan jasa kenapa checkbox invoice nya gak di ceklis ?
Ka klo perusahaan jasa kenapa checkbox invoice nya gak di ceklis ?
Posting Komentar