Rabu, 28 September 2011

Hosting dan Domain dan bagian-bagiannya

Bagi anda yang sering browsing/jelajah di dunia maya(internet) pasti pernah mendengar yang namanya alamat web/URL.  
URL merupakan singkatan dari Uniform Reseources Location, menurut wikipedia URL adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet
contoh alamat URL :
www.pakarjurusanhutama.com


Setiap halaman web menunjukkan sebuah web seseorang/organisasi. Untuk membuat web tersebut dapat dilihat oleh setiap orang diseluruh dunia, maka perlu dihosting dan dibuatkan domainnya.


Sebelum membuat hosting dan domain, kita perlu mengenal terlebih dahulu istilah-istilah yang sering ada dalam web:


  1. Hosting merupakan sebuah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website yang dibuat, seperti file HTML, file PHP, file musik, file video, ataupun gambar. Hosting bisa juga diibaratkan seperti Flash disk atau Hard disk, dimana alat tersebut berfungsi untuk menyimpan data.
  2. Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, nama domain digunakan untuk memudahka menghapal alamat dari suatu website tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "www.yahoo.com". Agar domain berfungsi sebagai alamat web, maka dibutuhkan hosting
  3. Space
    Merupakan jumlah total kapasitas harddisk yang disediakan untuk anda guna menyimpan file web anda. Space di hosting sama saja dengan space di harddisk komputer lokal. Jadi semakin besar file web/blog anda, maka akan semakin besar pula kebutuhan space di server yang harus anda sewa. Untuk pengunaan blog pribadi sederhana, dengan menggunakan CMS wordpress (misalnya), space dengan kapasitas 100 MB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai macam kontent blog (dengan catatan hanya artikel saja, bukan software atau file ikut dimasukan ke space hosting). Untuk menghemat space hosting anda bisa memanfaatkan free hosting sebagai tempat menyimpan file-file anda. Jadi kesimpulannya, space hosting adalah kapasitas maksimal harddisk yang disiapkan oleh server untuk blog kita sesuai dengan kontrak yang telah disepakati
  4. Bandwith
    Bandwith merupakan kapasitas maksimal dari besarnya halaman web anda yang diakses dalam satu bulan. Contohnya seperti ini, Ketika ada pengunjung yang mengunjungi web anda, maka browser akan mengambil data dari server yang kemudian akan ditampilkan di halaman browser tersebut. Proses pengambilan data dari server ke komputer pengunjung sama seperti halnya dengan proses download.  Besarnya proses download ini akan dihitung oleh web server. Jika dalam satu bulan besarnya data yang diambil melebihi dari bandwith yang disediakan oleh penyedia hosting, maka hal tersebut akan menyebabkan habisnya bandwith yang anda punya perbulannya. Hal ini akan menyebabkan web anda tidak bisa tampil sampai dengan bulan berikutnya.
    Jadi, untuk web anda yang ramai akan pengunjung, maka bandwith yang di perlukan juga semakin besar. Untuk ukuran unlimited bisa anda gunakan pada web yang  arus  masuknya pengunjung besar.


Dari istilah-istilah diatas, kita sebagai pemilik web bisa menentukan fasilitas yang diinginkan yang telah disediakan oleh penyedia hosting. Ada beberapa banyak pilihan jasa penyedia hosting baik yang gratis maupun yang berbayar baik yang didalam negeri maupun luar negeri, diantaranya:
  1. www.phpnet.us
  2. www.000webhost.com
  3. www.byethost.com
  4. www.dapurhosting.com
  5. www.tendaweb.com
  6. www.rumahweb.com
  7. www.idwebhost.com
  8. www. heliohost.org


Ada beberapa perbedaan fasilitas antara hostingan gratis dan berbayar. Bagi seorang pemula mungkin lebih baik menggunakan yang gratis, hal ini akan memudahkan dalam bereksplorasi secara free. Namun ada resiko jika menggunakan hostingan gratis, seperti terdapatnya iklan banner yang mucul tiba-tiba, fasilitas yang dibatasi (baik kapasitas space maupun bandwithnya) dan jangka waktu yang sedikit juga tidak adanya pelayananan .


Lain halnya untuk hostingan berbayar, biasanya terdapat beberapa fasilitas yang tidak ada di hostingan gratis. Untuk biayanya pun bermacam-macam tergantung paket yang dipilih, semua sesuai antara fasilitas dan biaya.




Setelah melakukan hosting, ada hal lagi yang perlu dilakukan, yaitu membuat domain. Untuk menentukan domain, ada baiknya kita mengetahui tujuan dari domain itu sendiri:


1. .Com : di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
2. .Net : di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
3. .Org : di gunakan untuk kepentingan organisasi.
4. .Info : di gunakan untuk kepentingan informasional website.
5. .Name : digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal.
6. .Edu : digunakan untuk kepentingan website pendidikan, terbatas hanya utk pendidikan.
7. .Mil : di gunakan untuk kepentingan website angkata bersenjata amerika, terbatas hanya utk Militer.
8. .biz : di gunakan untuk kepentingan Bisnis.
9. .tv : di gunakan untuk Entertainment seperti Televisi, Radio, majalah.
10. .travel : di gunakan untuk Bisnis Pariwisata.
11. .or.id : Untuk Organisasi
12. .co.id : Untuk Komersial
13. .go.id : Untuk Pemerintahan
14. .ac.id : Pendidikan Tinggi
15. .sch.id: untuk Sekolah
16. .net.id: Internet Provider
17. .web.id: digunakan untuk umum


Setelah anda mengetahui apa itu domain, hosting dan bagian-bagian lainnya, berniatkah anda mempublikasikan web anda agar bisa dibaca oleh orang-orang dipenjuru dunia ? anda sendiri yang tahu jawabannya


untuk mengetahui cara membuat hosting dan domain, tunggu artikel selanjutnya..





























1 komentar:

Obat Herbal Penyakit Tipes mengatakan...

owwh gtu to'..
ane baru tau gan ..
di copas yah oz td bacanya buru"..

Thank you for ur comment... by Razbie

Poskan Komentar