Halaman

Sabtu, 19 Maret 2011

Psikologi Warna

Warna ternyata tidak hanya sekedar sedap dipandang atau menjadi latar belakang pada suatu objek pilihan, tapi juga memiliki psikologi yang berbeda-beda. Pilihan dari banyak warna yang ada biasanya sesuai dengan psikologi sang pemilih.  Dengan warna juga karakter seseorang bisa terlihat. Berikut perincian tentang psikologi warna. :





a. Merah
Makna Positif : Kekuatan, energi, hasrat, cinta, keberanian/patriot, agresif, kemerdekaan
Makna Negatif: Bahaya, perang, revolusi, kekejaman, kekerasan/anarki, siksaan, api, darah, iblis
Keterangan : Merah jika dikombinasikan dengan warna putih akan mempunyai arti 'bahagia' bagi budaya oriental seperti pada lambang bendera negara  Indonesia. Merah terang mempunyai arti kemauan atau cita-cita
b. Pink
Makna Positif : Feminim, sensual, emosi, masa muda, jenaka
Makna Negatif: Naif, kelemahan, kekurangan, penggoda
Keterangan : Biasanya menjadi simbol para wanita karena sifatnya yang feminim

c. Orange
Makna Positif : Melambangkan energi, kehangatan, semangat, ceria, keseimbangan, segar
Makna Negatif: Meminta, mencari perhatian
Keterangan : Menekankan pada sebuah produk yang tidak mahal, biasanya dipakai pada produk minuman rasa jeruk


d. Kuning
Makna Positif : Melambangkan kekayaan, emas, sinar matahari, keberuntungan, kehidupan, optimis, sebuah harapan
Makna Negatif: Tidak jujur, pengecut (budaya Barat), cemburu, iri hati, pengkhianat, penipu, kebohongan, resiko, sakit
Keterangan : Biasanya dipakai untuk mengumumkan orang yang meninggal. Warna ini juga warna keramat bagi agama Hindu


e. Hijau
Makna Positif : Alam, lingkungan hidup, pertumbuhan, stabil, santai, subur, sejuk, sehat, bangga
Makna Negatif: Cemburu, keras hati, senang dipuji, senang menasihati orang lain, berkuasa
Keterangan : Orang Timur Tengah sangat menyukai warna hijau (hingga islam sering dilambangkan warna hijau. Warna ini juga termasuk warna kesukaan Nabi Muhammad SAW). Tetapi di Cina dan Prancis warna ini kurang disukai

f. Biru
Makna Positif : Percaya, setia, pengabdian, tenang damai, tulus, sejuk, air laut, awan, harmoni, bersih, konservatif, percaya diri, adil/bijaksana, konsisten, teratur, teknologi
Makna Negatif:Sedih, dingin, depresi, basi, ragu
Keterangan : Biasanya dipakai untuk warna perusahaan, seperti logo Bank Amerika yang memberi kesan "Kepercayaan"


g. Ungu
Makna Positif : Bangsawan, kaisar, perubahan, misteri
Makna Negatif:Sombong, kasar, angkuh, kejam, membosankan, kurang teliti tetapi penuh harapan
Keterangan : Sangat jarang ditemukan di alam. Warna ini merupakan paduan antara warna merah (intim ) dan warna biru (keras) sehingga menjadi kesan yang peka dan mendalam


h. Coklat
Makna Positif : Tanah, bumi, netral, natural, hangat, aman, nyaman, perlindungan
Makna Negatif: Suka merebut, tidak toleran, tidak suka memberi hati, pesimis, tumpul, kotor, tandus, miskin
Keterangan : Biasanya suka dipakai pada kemasan



i. Abu-abu                                                                                                                     
Makna Positif : Intelek/cerdas, futuristik, milenium, sederhana, bersih, tenang, seimbang, masa depan, bijakasana
Makna Negatif:Sedih, tua, bosan, lamban
Keterangan : Warna ini paling mudah dilihat oleh mata

j. Putih
Makna Positif : Suci, bersih, steril, jujur, murni, sederhana, damai, tepat, tidak bersalah, perawan, perkawinan, musim salju, malaikat
Makna Negatif: Dingin, hampa
Keterangan : Di India dan Cina warna ini melambangkan kematian, Di Amerika melambangkan perkawinan (gaun pengantin)


k. Hitam                                                                                                                       
Makna Positif : Kuat, anggun, mewah/elegan, canggih, misteri, kokoh/kuat/keras,
Makna Negatif: Kematian dan kesedihan (bagi budaya barat), jahat, dosa, penyesalan
Keterangan : Untuk kemasan warna ini tampak terlihat elegan




» Read more → Psikologi Warna